Ansu Fati Jadi Pencetak Gol Termuda La Liga

Ansu Fati jadi pencetak gol termuda La Liga

Nama Ansu Fati awal musim ini jadi buah bibir. Bersama Barcelona, pemain muda bertalenta berikut menciptakan lebih dari satu rekor yang menarik. Kini Ansu Fati jadi pencetak gol termuda La Liga bersama Barcelona.

Rekor yang pertama adalah saat ia dimainkan di jornada ke-2 La Liga melawan Real Betis. Tampil sebagai pengganti pada menit ke-78, Ansu Fati tercatat jadi pemain termuda ke-2 yang meniti debut di tim senior Barcelona bersama umur 16 tahun 9 bulan dan 15 hari.

Rekor berikut lebih-lebih lewat rekor Lionel Messi. Messi pada mulanya tercatat sebagai pemain termuda ke-2 saat debut di umur 17 tahun 3 bulan dan 26 hari. Catatan berikut cuma kalah dari milik Vincente Martinez yang meniti debut pada umur 16 tahun sembilan bulan dan tujuh hari pada tahun 1941 silam.

Setelah membuat rekor debut itu, satu pekan berikutnya Ansu Fati membuat rekor lainnya. Melawan Osasuan, ia mencetak satu gol didalam laga yang berakhir bersama skor 2-2. Karena itu Ansu Fati jadi pencetak gol termuda La Liga. Gol yang ia cetak pada 25 Agustus lalu itu membuatnya jadi pencetak gol termuda didalam histori Barcelona, lagi mengalahkan catatan Lionel Messi.

Sementara itu, didalam histori La Liga, tersedia dua pemain yang punyai catatan umur lebih muda saat mencetak gol dibanding bersama Ansu Fati. Dua pemain bolapelangi berikut yaitu Fabrice Olinga dan Iker Muniain. Dan berikut adalah daftar pencetak gol termuda didalam histori La Liga selengkapnya.

1. Fabrice Olinga (16 tahun, 3 bulan, 6 hari)

Pemain asal Kamerun yang saat itu berusia 16 tahun mencetak histori di pertandingan pembuka musim 2012/13 bersama mencetak cuma satu gol didalam debutnya untuk klub Malaga didalam laga melawan RC Celta.

Setelah menimba pengetahuan di Samuel Eto’o Foundation di negara asalnya, penyerang ini IaIu ubah ke Malaga dari RCD Mallorca dan lebih dari satu kali berlaga untuk klub berikut pada musim 2012/13 dan 2013/14. Saat ini, ia bermain untuk Mouscron di Belgia.

2. Iker Muniain (16 tahun, 9 bulan, 15 hari)

Iker Muniain memang sudah mencetak dua gol untuk Athletic Club sementara ia mencetak gol di La Liga untuk pertama kalinya, yaitu saat melawan Young Boys dan Austria Wien didalam kompetisi Eropa pada awal musim 2009/10

Tapi baru pada pekan ke-6 ia membobol gawang lawan didalam pertandingan imbang 2-2 melawan Real Valladolid. Gol inilah yang menjadikannya sebagai pencetak gol termuda didalam histori LaLiga Santander, sebelum saat selanjutnya dipecahkan oleh Olinga lebih dari satu tahun kemudian.

3. Ansu Fati (16 tahun, 10 bulan)

Ansu Fati adalah pemain muda jebolan akademi La Masía milik Barcelona yang terbaru. Penyerang ini jadi pemain termuda ke-2 yang bermain di La Liga untuk klub berikut dua minggu IaIu didalam laga melawan Real Betis di pekan kedua.

Kemudian, ia bermain bagus pada pertandingan lebih dari satu pekan IaIu yang menjadikannya pencetak gol termuda ketiga didalam histori La Liga Santander melalui sundulannya sementara imbang melawan 2-2 melawan Osasuna.

4. Xisco Nadal (16 tahun, 11 bulan, 19 hari)

Walaupun ia menghabiskan lebih dari satu besar karirnya di divisi bawah sepak bola Spanyol, Xisco Nadal bermain impresif di awal karirnya. la tidak bakal dulu meniadakan gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk Villarreal sementara imbang 2-2 di kandang Espanyol pada akhir musim 2002/03.

5. Juan Mena (17 tahun, 1 bulan, 6 hari)

Selama lebih dari satu dekade, Juan Mena dinobatkan sebagai pencetak gol termuda La Liga berkat gol ketujuh yang dilesakkannya untuk Valencia didalam kemenangan 7-3 atas RC Celta pada Desember 1941, yang sementara itu termasuk merupakan tampilan debutnya untuk Los Che.

Di musim itu pula klub ini mencapai titel LaLiga pertamanya di sepanjang histori klub.

Tinggalkan Balasan